Khairul Ikhwan - detikinet
Medan - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyerukan seluruh masyarakat Indonesia untuk melakukan donor darah sukarela. Hal ini perlu dilakukan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dan sebagai bentuk nyata kesetiakawanan sosial.

Hal itu disampaikan Presiden SBY pada puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) di Lapangan Merdeka, Medan, Rabu (19/12/2007). Acara itu dihadiri sekitar 10 ribu orang dari berbagai lapisan masyarakat.
"Setetes darah kita dapat menyelamatkan mereka, saudara-saudara kita yang memerlukan," kata SBY.

Presiden menyatakan, dirinya menyerukan Gerakan Nasional Donor Darah Sukarela karena merupakan bentuk nyata dari pelaksanaan kesetiakawanan sosial. Donor darah dapat menggugah masyarakat untuk saling membantu antarsesama, sebab itu donor darah harus dapat menjadi budaya masyarakat.

"Mulailah kita berbuat dari yang paling kecil, yang dapat di lingkungan kita. Seperti peduli terhadap tetangga yang kesusahan, menyantuni anak yatim atau menjadi bapak angkat bagi anak yang kurang mampu dalam melanjutkan pendidikan," kata SBY.

Pada penutup pidatonya, Presiden mengharapkan agar kesetiakawanan sosial dapat membawa negara untuk semakin bangkit di masa depan. Kesetiakawanan sosial jangan hanya menjadi wacana atau hanya menjadi jargon, tetapi harus diimplementasikan dalam bentuk guna membantu mengatasi kemiskinan dan pengangguran. ( rul / djo )